Solusi Pintar Mengatasi Masalah Penyakit Diabetes Melitus

Diabetes Melitus : Penyakit Kencing Manis

Diabetes Melitus : Penyakit Kencing Manis

Diabetes Melitus : Penyakit Kencing Manis
AtasiDiabetes.com - Diabetes Melitus (Kencing Manis)
Diabetes Melitus : Penyakit Kencing Manis ~ Banyak diantara kita yang mungkin bertanya, mengapa penyakit diabetes kok disebut “Penyakit Kencing Manis”?

Disebut “Sakit Kencing Manis” karena di dalam air kencing (Urine) penderita memang terdapat gula yang rasanya manis. Pada keadaan normal, urine tidak mengadung gula dan tentunya tidak terasa manis.

Kencing Manis dan Riwayatnya

Pengetahuan tentang penyakit yang memberikan gambaran seperti diabetes melitus telah diketahui dan dituliskan pada 1550 SM, yaitu dari papirus Mesir kuno yang berhasil dibaca oleh sarjana Ebers dari Jerman. Beratus-ratus tahun kemudian, orang baru membuktikan bahwa urine penderita penyakit itu terasa manis. Gejala khas lain adalah gejala sering buang air kecil dengan jumlah yang sangat banyak.

Itulah sebenarnya yang mendasari istilah diabetes melitus. Diabetes artinya “air yang mengucur terus-menerus dari suatu saluran”, dan melitus menyatakan “manis seperti madu”.

Beratus-ratus tahun kemudian, apda abad ke-17, diketahui bahwa rasa manis itu karena adanya gula didalam urine. Lalu, pada abad ke-18 baru diketahui bahwa para penyakit ini, kadar gula didalam darah cukup tinggi.

Pada abad ke-19 diketahui bahwa penyebabnya adalah masalah yang menyangkut zat yang disebut insulin. Kemudian, pada 1921 setelah lebih dari seratus tahun, akhirnya dapat dibuat insulin untuk pengobatan.

Sebelum ditemukan pengobatan dengan suntikan insulin (1922), diabetes merupakan penyakit yang mengerikan dan cepat membawa kematian. Sekarang tidak begitu. Bahkan, diabetisi dapat hidup sehat.

Karena adanya pendapat bahwa diabetes disebabkan oleh produksi insulin yang kurang, pada 1955/56, untuk pertama kali dibuatlah obat yang merangsang produksi insulin oleh pankreas, yaitu obat golongan sulfonilurea. Sementara itu, pada 1960-1970, dapat dibuktikan bahwa ternyata pada kasus-kasus diabetisi yang gemuk, kadar insulin tidak berkurang. Jadi, mulailah dipikirkan konsep resitensi insulin.

ADANYA GULA DIDALAM URINE ADALAH PENANDA DIABETES.

Mengapa gula didalam darah bisa meninggi? Baca ulasan AtasiDiabetes.com di Hakikat Diabetes Melitus




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at Senin, April 02, 2012 and have